Jumat, 13 Juli 2012

MTQ Tk Kabupaten Agam Dibuka





AGAM - Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam ke 35 dimulai hari ini. MTQ bakal berlangsung selama tiga hari ke depan. Pembukaan MTQ oleh Bupati Agam, Indra Catri di halaman Kantor Camat Canduang, sekaligus melaunching Gerakan “One Day One Ayat”.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan kebanggaannya terhadap partisipasi semua elemen dan panitia pelaksana yang ikut serta berperan dalam menyelenggarakan kegiatan lomba MTQ. Kegiatan MTQ, kata Bupati, merupakan momen tepat karena sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Agam, yaitu mewujudkan Kabupaten Agam yang Agamais, Lestari, Adil Mandiri dan Indah (Alami) dalam rangka memperkokoh landasan mencapai Agam yang Mandiri, Berprestasi yang Madani.

Selain itu, dengan momentum MTQ Nasional tingkat Kabupaten Agam ini, juga diharapkan dapat menambah kecintaan terhadap nilai-nilai alqur'an serta menyemarakkan MTQ di Sumatera Barat.

Terkait Gerakan 'One Day One Ayat', adalah imbauan moral di mana warga diharapkan menghapal ayat sekurangnya satu ayat dalam satu hari. Dengan filosofi, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, lama-lama ayat yang dihapal akan tambah banyak.


Pada kesempatan itu, bupati juga mengharapkan panitia untuk bahu-membahu dan bertanggungjawab agar pelaksanaan MTQ dapat berjalan sukses dan lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Syafirman SH selaku Ketua LPTQ Kabupaten Agam, menyampaikan kegiatan ini merupakan wadah memperkokoh tali silahturrahim dan ukhuwah Islamiah sekaligus implementasi dari visi jangka menengan dan jangka panjang Kabupaten Agam.

"Kegiatan ini juga mempersiapkan peserta terbaik di tingkat Kabupaten Agam untuk menghadapi MTQ tingkat Sumatera Barat tahun 2013 di Kabupaten Pasaman Barat," katanya.

Di sisi lain, Ketua (MTQ) Nasional tingkat Kabupaten Agam, Drs. Surya Wendri yang juga Camat Canduang mengatakan, MTQ ke 35 pihaknya selama ini telah bekerjasama dengan berbagai elemen dalam mempersiapkan kegiatan MTQ ini, baik dari Pemkab Agam maupun masyarakat. MTQ diikuti oleh gori dan gori’ah dari 16 kecamatan di Kabupaten Agam.

Peresmian MTQ ditandai dengan pemukulan bedug dan dilanjutkan pelantikan dewan hakim MTQ oleh Bupati Agam Indra Catri. Pembukaan MTQ sendiri disaksikan oleh ribuan masyarakat Canduang dan undangan serta perantau yang turut hadir. Pagelaran berbagai atraksi kesenian rakyat oleh masyarakat Canduang dan SMK Taruna Pakanbaru menambah meriahnya suasana pembukaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI BLOG NAGARI LASI, JAGO KAMPUANG KO NAGARI